Perkuat Domestik, Jawaban Krisis Global

Perkuat Domestik, Jawaban Krisis Global
Perkuat Domestik, Jawaban Krisis Global
Menko Perekonomian Hatta Rajasa terus memantau krisis utang Eropa yang hingga penghujung tahun 2011 ini masih belum menemukan solusi yang signifikan. Cepat atau lambat, impact terhadap eksport Indonesia akan terasa. Dengan cara apa antisipasinya?   MP3EI inilah yang bisa menjawab dengan tepat, agar pertumbuhan ekonomi kita terus meningkat. Pelemahan dari luar, harus diimbangi dengan penguatan dari dalam negeri yang lebih solid. Ekonomi lokal dan domestik  betul-betul harus digenjot lebih ngebut. “Saya sangat yakin, kita mampu. Seluruh sumber daya alam dan manusia kita cukup untuk memompa ekonomi nasional kita tetap kokoh dan makin bergerak mantap,” ungkap Hatta Rajasa.

Pria berambut perak yang juga Ketua DPP PAN ini juga menyebut, tahun 2012 memang tahun pertaruhan bagi ekonomi kita. Eropa yang mulai goyah, tentu akan berpengaruh pada perekonomian global. “Kami akan jaga agara implementasi MP3EI ini betul-betul konsisten dan bergerak sesuai rencana,” ungkap Hatta yang berasal dari Palembang, Sumsel ini.

Hatta juga menyebut enam koridor itu makin direspons oleh banyak daerah yang selama ini menghadapi hambatan teknis dan koordinatif. Segala hambatan bisa dengan cepat diselesaikan melalui pertemuan pokja yang rutin dan produktif.

Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung menambahkan, ”Potensi pelemahan pertumbuhan ekonomi kita harus diantisipasi dengan peningkatan kualitas infrastruktur seperti listrik, jalan, bandara dan pelabuhan, serta meningkatkan kemampuan inovasi. Itu ada dalam MP3EI.”

Menko Perekonomian Hatta Rajasa terus memantau krisis utang Eropa yang hingga penghujung tahun 2011 ini masih belum menemukan solusi yang signifikan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News