Kendari Digagas Jadi Kota Layak Anak

Kendari Digagas Jadi Kota Layak Anak
Kendari Digagas Jadi Kota Layak Anak
KENDARI - Anak merupakan aset dan potensi utama bagi kelanjutan hidup berbangsa dan bernegara. Menyadari pentingnya hal itu, pemkot Kendari menggagas pembentukan kota Kendari sebagai kota layak anak (KLA).

Gagasan itu kata Kasubag Humas Pemkot Kendari, Muh Rusmin ditandai dengan pembentukan gugus tugas KLA tahun 2011. Selain diatur dalam undang-undang, program itu juga kuatkan dalam keputusan walikota Kendari tahun 2011.

Menurut Rusmin, rencana aksi daerah KLA memiliki beberapa indikator pengembangan, diantaranya di bidang kesehatan, pendidikan, bidang perlindungan anak, dan bidang partisipasi anak. Dibidang kesehatan kata Rusmin, melingkupi adanya jaminan kesehatan untuk anak, perwali tentang lingkungan yang sehat bagi anak, adanya penambahan dan peningkatan layanan posyandu, kader kesehatan dan kader posyandu, adanya peningkatan pelayanan bagi BUMIN dan BULIN ke pelayanan kesehatan.

Selain itu, adanya peningkatan jumlah bayi dan balita yang mendpatkan pelayanan kesehatan di posyandu, puskesmas dan rumah sakit, peningkatan fasilitas layanan di puskesmas dan rumah sakit, termasuk sarana dan obat-obatan. Selain itu ada pula promosi pencegahan HIV/AIDS,NAPZA, kesehatan reproduksi, peningkatan sistem tanggap bencana, profil kesehatan, peningkatan tenaga kesehatan anak, ketersediaan pojok ASI pada fasilitas publik umum, ketersediaan ruang khusus untuk ibu menyusui di tempat umum, penitipan anak yang memadai, tersedianya makanan yang sehat bagi anak dan monev terhadap kegiatan kesehatan.

KENDARI - Anak merupakan aset dan potensi utama bagi kelanjutan hidup berbangsa dan bernegara. Menyadari pentingnya hal itu, pemkot Kendari menggagas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News