Masih Tergantung Investor Asing

Masih Tergantung Investor Asing
Masih Tergantung Investor Asing
JAKARTA - Volatilitas market diprediksi masih berlanjut. Sokongan terkuat muncul dari krisis Eropa yang hingga kini belum menemui titik singgung. Kondisi itu memaksa pelaku pasar ekstra waspada dalam bertransaksi.

Investor lokal yang jumlahnya tidak sebanding dengan pelaku pasar asing tidak bisa bergerak leluasa. Di mana aksi investor domestik ini hanya mengikuti pola dan arah pergerakan investor global. Begitu pun, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) gerak-geriknya masih tergantung investor mancanegara. Karena itu, potensi labilnya gerak market domestik diprediksi akan tetap berlanjut.

"Melihat situasi saat ini pola market domestik yang berubah-ubah seiring kuatnya pengaruh krisis Eropa," ungkap Ito Warsito, Dirut Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Senin (2/1).

Ito menyebut pasar domestik memang tidak sepenuhnya lepas dari gejolak multikrisis tersebut. Tetapi, melihat upaya yang dilakukan penggede negara-negara Eropa sedikit memberi harapan. Di mana mereka secara bertahap telah mendirikan pilar-pilar untuk menangkal dan mereduksi efek buruk krisis. "Harapannya semoga langkah-langkah itu menghasilkan jalan keluar," tukas Ito.

JAKARTA - Volatilitas market diprediksi masih berlanjut. Sokongan terkuat muncul dari krisis Eropa yang hingga kini belum menemui titik singgung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News