Sumbangan ke Wikipedia Capai Rp180 M

Sumbangan ke Wikipedia Capai Rp180 M
Sumbangan ke Wikipedia Capai Rp180 M
SANFRANCISCO-- Dukungan terhadap kelangsungan ensiklopedia isi bebas Wikipedia, tak terbatas hanya suntingan naskah yang rutin di-update oleh penggemarnya di seluruh dunia. Ini terbukti dengan banyaknya sumbangan donatur yang angkanya mencapai USD 20 juta atau setara Rp 180 miliar dengan kurs dolar Rp 9 ribu.

Sumbangan selama 2011 itu tercatat paling besar sejak Wikipedia berdiri 2001. Rekor terbaru sumbangan tersebut, menurut eksekutif Wikimedia Foundation, Sue Gardner, tak lepas dari gencarnya kampanye yang berlangsung sejak 2003. Maklum, Wikimedia yang membawahi 16 situs wiki lain termasuk Wikipedia, mengharamkan pencantuman iklan di tiap konten atau naskah yang mereka terbitkan.

Kenaikan jumlah sumbangan, lanjut Gardner, dibarengi bertambahnya jumlah pendonor yang mencapai sepuluh kali lipat dibanding tahun 2008, atau dari nilai USD 4,5 juta menjadi USD 20 juta.

"Sekarang, Wikimedia melayani lebih dari 470 juta orang setiap bulan Ini adalah situs utama tapi tak didukung iklan. Tapi dengan sumbangan dari pembaca," kata Gardner seperti dikutip dari tgdaily, Selasa (3/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News