Pin Clamp dari Besi Tuang

Penyebab Runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara

Pin Clamp dari Besi Tuang
Pin Clamp dari Besi Tuang
SURABAYA - Tim sebelas yang dibentuk Kementrian Pekerjaan Umum membeberkan penyebab ambruknya Jembatan Kutai Kartanagera (Kukar) kemarin (12/1). Ketua tim Prof Priyo Suprobo menuturkan pemicu akhir dari robohnya jembatan sepanjang 710 m itu adalah proses jacking yang dilakukan pada saat pemeliharaan kurang tepat.

Sebab, pada saat penaikan lantai kendaraan yang mengendur sampai 72 cm itu kendaraan tetap dibiarkan lewat. Hal itu berdampak pada beban yang harus ditanggung kabel jembatan semakin berat.

Sedangkan disatu sisi, kabel jembatan itu semakin menegang karena proses pengencangan lantai kendaraan yang kendur. Pengencangan itu menggunakan dongkrak yang ditumpukan pada kabel jembatan. Klem yang menghubungkan kabel utama dengan hanger itu tak mampu menahan gaya yang berasal dari dongkrak.

Dampak dari pemakian dongkrak itu, pada waktu bersamaan dongkar mengangkat juga menarik hanger. Sehingga, kabel hanger itu pun jadi semakin mengencang. "Di satu sisi, kabel-kabel hanger yang lain kan jadi kendur. Soalnya, kabel yang tengah mengencang," kata Probo.

SURABAYA - Tim sebelas yang dibentuk Kementrian Pekerjaan Umum membeberkan penyebab ambruknya Jembatan Kutai Kartanagera (Kukar) kemarin (12/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News