Opsi Kenaikan Masih Terbuka

Hatta: Pilih yang Terbaik

Opsi Kenaikan Masih Terbuka
Opsi Kenaikan Masih Terbuka
JAKARTA – Banyak pihak menyarankan lebih baik pemerintah menaikkan harga premium ketimbang memberlakukan pembatasan BBM bersubsidi dalam upaya menekan pembengkakkan subsidi BBM. Selain lebih realistis dan praktis, menaikkan BBM juga lebih mudah pengawasannya.

Menanggapi ini, Menko Perekonomian Hatta Rajasa menyatakan, pemerintah belum mengunci opsi untuk menaikkan harga premium. ”Kalau menurut saya, semakin banyak opsi semakin bagus. Kita akan pilih yang terbaik,” kata Hatta akhir pekan lalu.

Memang, seperti ditetapkan dalam APBN 2012, untuk mengurangi subsidi BBM opsi yang ditempuh yakni dengan melakukan pembatasan konsumsi BBM. Hanya saja opsi lain masih terbuka, yaitu dengan menaikkan harga premium. ”Itu (menaikkan harga BBM, Red) nanti bagaimana dewan di Komisi VII, kita masih akan membahas semua opsi tersebut,” tuturnya.

Selain itu, sejumlah kalangan juga menilai ketegangan yang tengah terjadi di Iran dikhawatirkan bakal mengerek harga pertamax hingga dua kali lipat. Hal ini tentu akan sangat membebani para pengguna kendaraan pribadi roda empat yang diharuskan mengkonsumsi pertamax seiring pelaksanaan pembatasan BBM subsidi mulai 1 April mendatang. ”Kita tidak tahu situasi ekonomi global seperti apa, sehingga kita harus mengambil jalan lain,” terang Hatta.

JAKARTA – Banyak pihak menyarankan lebih baik pemerintah menaikkan harga premium ketimbang memberlakukan pembatasan BBM bersubsidi dalam upaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News