Anggaran Wah DPR Terus Berlanjut

Anggaran Wah DPR Terus Berlanjut
Anggaran Wah DPR Terus Berlanjut
JAKARTA--Selain kerap menghamburkan uang rakyat untuk renovasi dan pembangunan beberapa fasilitas penunjang, tahun ini, kalangan DPR diprediksi bakal banyak menghabiskan waktu untuk perjalanan kunjungan ke luar negeri. Bahkan, dibanding 2011, kebiasaan rapat di hotel mewah anggota dewan dan kesekjenan bakal lebih sering.

Demikian terungkap dari alokasi anggaran DPR untuk tahun 2012. Dimana alokasi anggaran DPR untuk tahun ini sebesar Rp 2,9 triliun, sebagian besar diperuntukan untuk belanja barang. Hal ini pertanda  bahwa dalam satu  tahun 2012, anggota DPR akan banyak melakukan perjalanan dinas baik ke luar negeri maupun dalam negeri. Selain itu, rapat-rapat di hotel mewah juga akan banyak dilakukan.

"Kami melihat hal itu sebagai bentuk pemborosan dan ketidakpekaan DPR terhadap kondisi bangsa saat ini. Mereka sepertinya tidak menghitung berapa banyak duit yang diambil dari pajak rakyat yang telah dihambur-hamburkan," kata Koordinator Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Uchok Sky Khadafi kepada INDOPOS (Group JPNN) usai melansir data-data anggaran belanja Dewan 2012, Minggu (22/1).

Uchok mengatakan, alokasi anggaran yang terbanyak kedua adalah alokasi pembiayaan untuk gaji dan tunjangan baik untuk para birokrat maupun anggota dewannya. Untuk pos ini, telah ditetapkan niliainya sebesar  Rp 446 miliar. Sedangkan dana untuk birokratnya atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) anggaran yang bakal dihabiskan sebesar Rp 93,5 miliar. Dana yang mencapai hampir setengah triliun itu, di peruntukan untuk menunjang kinerja legislasi DPR, yang kenyataanya tidak pernah mencapi target.

JAKARTA--Selain kerap menghamburkan uang rakyat untuk renovasi dan pembangunan beberapa fasilitas penunjang, tahun ini, kalangan DPR diprediksi bakal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News