AS Show of Force, Kapal Induk Lintasi Selat Hormuz

Rencanakan Latihan Keamanan di Teluk

AS Show of Force, Kapal Induk Lintasi Selat Hormuz
AS Show of Force, Kapal Induk Lintasi Selat Hormuz
WASHINGTON – Ancaman Iran untuk menutup Selat Hormuz dan menyerang kapal militer asing (Barat) yang melintasinya sepertinya hanya gertak sambal. Setidaknya, itu dibuktikan oleh Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS). Di tengah ketegangan antara Iran dan negara-negara Barat, negara adidaya tersebut seolah ingin unjuk kekuatan (show of force) dengan kembali mengirimkan kapal induk miliknya ke wilayah perairan dekat Negeri Para Mullah tersebut.

Minggu lalu (22/1), USS Abraham Lincoln melintasi Selat Hormuz dengan aman sebelum menuju Teluk. Saat ini, kapal induk super (supercarrier) kelas Nimitz (tenaga nuklir) yang berbobot sekitar 110 ribu ton itu berada di wilayah perairan Teluk. Di kawasan itu, terdapat pangkalan militer Armada Ke-5 (Fifth Fleet) AS.

’’USS Abraham Lincoln telah menuntaskan transit rutin dan reguler di Selat Hormuz sebagai bagian dari operasi keamanan maritim yang terjadwal,’’ terang Kapten John Kirby, jubir AL AS, dalam surat elektronik yang diterima Agence France-Presse kemarin (23/1). Dia menambahkan bahwa USS Abraham Lincoln berhasil melewati Selat Hormuz secara lancar. Tidak ada insiden sama sekali dalam pelayaran kapal induk tersebut.

USS Abraham Lincoln, yang saat itu diikuti sejumlah kapal perang AS dalam satu gugus tugas, merupakan kapal induk pertama dari Negeri Paman Sam yang memasuki kawasan Teluk sejak akhir Desember 2011.

WASHINGTON – Ancaman Iran untuk menutup Selat Hormuz dan menyerang kapal militer asing (Barat) yang melintasinya sepertinya hanya gertak sambal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News