Siapkan Rp 170 Triliun untuk Bank Infrastruktur

Dukung Pembiayaan MP3EI

Siapkan Rp 170 Triliun untuk Bank Infrastruktur
Siapkan Rp 170 Triliun untuk Bank Infrastruktur
JAKARTA - Pemerintah mulai memikirkan realisasi pembentukan lembaga pembiayaan khusus infrastruktur. Langkah itu dilakukan untuk mendukung pembangunan infrastruktur yang masuk dalam program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Pembahasan lembaga pembiayaan itu dibahas khusus dalam sidang kabinet yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Rabu (25/1). SBY mengatakan, sudah banyak usulan mengenai bank infrastruktur. "Manakala kita yakini sudah siap dan bisa kita luncurkan, tentu bisa jadi bagian penting untuk pertumbuhan ekonomi di masa depan," kata SBY dalam pengantar sidang kabinet.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan, pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur mencapai Rp 1.700 triliun dari total biaya MP3EI yang mencapai Rp 4 ribu triliun. Dengan kebutuhan dana Rp 1.700 triliun untuk infrastruktur, kata dia, paling tidak dibutuhkan dana Rp 170 triliun untuk membentuk lembaga pembiayaan infrastruktur itu.

"Modalnya kecil. Kalau gearing ratio-nya (perbandingan antara utang dengan seluruh modal perusahaan, Red) sepuluh kali, jadi modal yang dibutuhkan Rp 170 triliun," kata Hatta seusai sidang kabinet.

JAKARTA - Pemerintah mulai memikirkan realisasi pembentukan lembaga pembiayaan khusus infrastruktur. Langkah itu dilakukan untuk mendukung pembangunan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News