Tiap Sejam, 2 Ibu Meninggal

Tiap Sejam, 2 Ibu Meninggal
Tiap Sejam, 2 Ibu Meninggal
BANDUNG - Angka Kematian ibu (AKI) melahirkan di Indonesia masih sangat tinggi. Hampir tiap satu jam, ada dua ibu meninggal. Angka ini selevel dengan Myanmar yang kondisi negaranya jauh lebih miskin.

Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2007 menunjukkan angka kematian ibu di Indonesia 228 per 100.000 kelahiran hidup, sedangkan angka kematian bayi 34 per 1.000 kelahiran hidup. Pada 2010, kematian ibu menurut provinsi di Indonesia diperkirakan mencapai 11.534 orang.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) DR dr Sugiri Syarief MPA mengatakan, dari seluruh provinsi, Jawa Barat menduduki tempat pertama untuk jumlah kematian ibu. Lalu, diikuti Provinsi Jawa Tengah, NTT, Banten, dan Jatim.

"Jika dibandingkan Malaysia yang memiliki AKI 31 per 100.000 kelahiran hidup, Indonesia masih tertinggi. AKI di Indonesia sama dengan Myanmar yang kondisi negaranya jauh lebih miskin," kata Sugiri Syarief MPA usai menerima Anugerah "Champion Program Keselamatan Ibu dan Bayi Baru Lahir kepada Kepala BKKBN dari Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) di Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/2) malam.

BANDUNG - Angka Kematian ibu (AKI) melahirkan di Indonesia masih sangat tinggi. Hampir tiap satu jam, ada dua ibu meninggal. Angka ini selevel dengan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News