Radius Berbahaya Letusan Gunung Lokon 2,5 Kilometer

Radius Berbahaya Letusan Gunung Lokon 2,5 Kilometer
Radius Berbahaya Letusan Gunung Lokon 2,5 Kilometer
MANADO - Gunung Lokon di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) meletus sekira pukul 08.20 WITA. Pusat Vulanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menetapkan radius berbahaya letusan hingga kini mencapai 2,5 kilometer. 

Karenanya, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu, Farid Ruskanda Bina  meminta kepada warga yang tinggal di sekitar Gunung Lokon untuk mematuhi radius berbahaya ini untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. "Statusnya masih siaga level III. Bila terjadi letusan bisa saja ada material pijar yang dilontarkan hingga memasuki radius 2,5 kilometer," kata Farid di Kakaskasen, Kota Tomohon, Jumat (10/2).

Farid menjelaskan lontaran pijar materi yang dikeluarkan dari perut Gunung Lokon mengakibatkan alang-alang yang berada di sekitar kawah terbakar. Hingga saat ini kata dia, pihaknya belum memastikan berapa luas alang-alang yang hangus.

Selain lontaran material pijar, kawah Tompaluan, Gunung Lokon juga memuntahkan debu vulkanik. Meskipun begitu, akitivitas kegempaan mulai menurun setelah terjadi pelepasan energi. (awa/jpnn)

MANADO - Gunung Lokon di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) meletus sekira pukul 08.20 WITA. Pusat Vulanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menetapkan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News