Robot Avatar Tirukan Mimik dan Gerakan

Robot Avatar Tirukan Mimik dan Gerakan
Robot Avatar Tirukan Mimik dan Gerakan
YOKOHAMA--Robot impian seperti di film Avatar kian mendekati kenyataan. Seorang ilmuwan Jepang berhasil mengembangkan robot yang bisa menirukan mimik dan gerakan manusia yang mengontrolnya.

Pengguna TELESAR (TELexistence Surrogate Anthropomorphic Robot) V akan dipasangi alat khusus yang tidak hanya bisa menggerakkan robot secara langsung dari jarak jauh. Tapi juga bisa mendengar, melihat, dan merasakan hal yang sama seperti robot android.

"Ketika saya memasang alat tersebut dan menggerakkan tubuh saya, saya melihat tangan saya seperti masuk ke tangan robot itu. Ketika menggerakkan kepala saya, saya bisa melihat pemandangan berbeda dari yang saya lihat sebelumnya," terang peneliti, Sho Kamuro.

"Ini seperti pengalaman aneh yang akan membuat Anda bertanya-tanya apakah Anda benar-benar menjadi robot," terangnya kepada Agence France Presse kemarin.

YOKOHAMA--Robot impian seperti di film Avatar kian mendekati kenyataan. Seorang ilmuwan Jepang berhasil mengembangkan robot yang bisa menirukan mimik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News