Jangan Percaya Joki Sertifikasi!

Jangan Percaya Joki Sertifikasi!
Jangan Percaya Joki Sertifikasi!
PADANG--Pelaksanaan uji kompetensi bagi calon peserta sertifikasi guru semakin dekat. Ujian ini bakal digelar 25 Februari mendatang. Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sumbar telah mendata ada sebanyak 8.297 guru se-Sumbar yang akan ikut uji kompetensi ini.

Pelaksanaan uji kompetensi ini baru pertama kali dilakukan untuk menseleksi guru yang bisa disertifikasi.

Kepala LPMP Sumbar, Jamaris Jamna menjelaskan uji kompetensi ini dimaksudkan untuk mengurutkan (ranking) berdasarkan nilai. Hasil uji ini akan memperlihatkan kemampuan guru dan diurutkan dari nilai tertinggi hingga nilai terendah. Jamaris mengakui urutan ini mempengaruhi kesempatan untuk mengikuti sertifikasi.

LPMP Sumbar belum menerima berapa kuota yang diberikan Kemendikbud untuk sertifikasi tahun 2012 ini. Tapi urutan nilai guru ini digunakan untuk memilih siapa guru yang terlebih dahulu mengikuti sertifikasi. "Misalnya, jika Sumbar mendapat kuota untuk 8 ribu guru yang akan di sertifikasi, maka urutan guru yang lewat dari 8 ribu harus menunggu kesempatan tahun berikutnya," ujarnya.

Jamaris mengharapkan guru yang akan ikut uji kompetensi ini jangan panik, memikirkan kalau nilainya tidak bagus. Jika panik, akan ada pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkan kesempatan ini. Akan ada rayuan untuk menggunakan jasa joki ujian yang menjamin lulus. Jamaris memastikan hal itu tidak akan bisa, karena yang menilai hasil uji kompetensi itu adalah panitia pusat.

PADANG--Pelaksanaan uji kompetensi bagi calon peserta sertifikasi guru semakin dekat. Ujian ini bakal digelar 25 Februari mendatang. Lembaga Penjamin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News