Obat Pasien HIV/AIDS tak Tersedia

Obat Pasien HIV/AIDS tak Tersedia
Obat Pasien HIV/AIDS tak Tersedia
MEDAN-Penataan orang dengan HIV dan AIDS (Odha) dalam pengobatan masih belum sempurna. Bahkan beberapa obat untuk Infeksi Oportunistik (IO) yang diderita ODHA masih belum tersedia.

Hal itu dikatakan Ketua Perhimpunan Dokter Peduli AIDS Indonesia (PDPAI) Cabang Sumatera Utara Dr dr Umar Zein. Menurut Umar Zein, tidak sedikit ODHA yang kekebalan tubuhnya menurun akibat menderita IO berupa penyakit seperti toksoplasmosis. Padahal penyakit ini bisa ditangani dengan mengonsumsi obat pirinmetamin.

"Cukup mengonsumsi obat tersebut selama dua bulan, toksoplasmosis yang dialami ODHA bisa disembuhkan. Disayangkan obat pirimitamin tersebut tidak tersedia di pasaran. Padahal, harga obatnya murah. Perbijinya paling beberapa ratus ribu rupiah," jelasnya.

Ditambahkannya, jika ketersediaan obat tersebut sangat minim, maka ODHA dengan kondisi AIDS tidak bisa diatasi. Akibatnya, ODHA bisa mengalami kematian hanya karena penyakit tersebut.

MEDAN-Penataan orang dengan HIV dan AIDS (Odha) dalam pengobatan masih belum sempurna. Bahkan beberapa obat untuk Infeksi Oportunistik (IO) yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News