Berlian Raksasa Ditemukan di Australia

Berlian Raksasa Ditemukan di Australia
Berlian Raksasa Ditemukan di Australia
RAKSASA pertambangan Anglo-Australia, Rio Tinto, mengumumkan penemuan berlian merah muda raksasa berukuran 12,76 karat yang merupakan temuan terbesar di negara benua yang kaya sumber daya alam tersebut. Berlian yang diberi nama Argyle Pink Jubilee, ditemukan di daerah Kimberly, Australia Selatan.

Seperti diberitakan  Agence France-Presse, dibutuhkan waktu 10 hari untuk proses pemotongan dan pemolesan berlian tersebut. “Penemuan ini sangat luar biasa,” ungkap Josephine Johnson dari divisi berlian merah muda Rio Tinto, Rabu (22/2).  “Butuh 26 tahun bagi kami untuk menggali berlian raksasa ini dan mungkin kami tidak akan pernah melihat yang seperti ini lagi,” tambahnya.

Meski menolak berspekulasi mengenai kemungkinan harga berlian tersebut, namun Rio Tinto menyatakan bahwa berlian merah muda berkualitas tinggi dapat bernilai lebih dari 1 juta dolar AS per karat. Artinya, berlian tersebut kemungkinan dapat terjual dengan harga lebih dari USD 10 juta.

Lebih dari 90% berlian merah muda di dunia diproduksi oleh Rio Tinto dari tambang Argyle. Rio Tinto menyatakan batu mulia raksasa seperti Argyle Pink Jubilee biasanya akan dipamerkan di museum, dijadikan hadiah untuk keluarga kerajaan Inggris Raya, atau dilelang di rumah lelang terkemuka seperti Rumah Lelang Christie's.

RAKSASA pertambangan Anglo-Australia, Rio Tinto, mengumumkan penemuan berlian merah muda raksasa berukuran 12,76 karat yang merupakan temuan terbesar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News