IPN Langkah Awal Majukan Papua

IPN Langkah Awal Majukan Papua
IPN Langkah Awal Majukan Papua
TIMIKA - Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) yang dibangun PT Freeport Indonesia (PTFI), merupakan langkah awal untuk memajukan Papua. Di IPN, masyarakat atau pemuda Papua yang berasal dari tujuh suku, bisa mendapatkan pendidikan dan pelatihan.

Demikian disampaikan Anggota DPD RI dari Sulawesi Tengah, Hj Nurmawati Dewi Bantilan, SE saat ditemui Radar Timika (JPNN Group) di Rimba Golf. “IPN merupakan langkah awal yang sangat strategis untuk memajukan Papua dalam hal ini Mimika kedepannya,” ujarnya.

Alasan dia karena di IPN, dilakukan transfer knowledge, technology, dan capital kepada pelajar terutama dari tujuh suku. Menurutnya, apa yang dilakukan PTFI adalah titik awal yang luar biasa. “Sebelumnya saya hanya mendengar, tidak pernah melihat langsung. setelah melihat dan mendengarkan penjelasan secara langsung, maka harus lebih dimanfaatkan dan dioptimalkan waktu dan kesempatan ini, terutama untuk masyarakat tujuh suku,” pesannya.

 

Dikatakan Nurmawati, di IPN memang ada skala prioritas dan pilihan, dalam arti prioritas kepada masyarakat tujuh suku di Mimika. Namun dalam proses investasi SDM yang dilakukan PTFI, diujung proses tersebut tidak ada pemaksaan harus bekerja di PTFI. “Karena mereka (pelajar/lulusan) diberikan kebebasan untuk memilih alternatif yang lain, di PTFI atau di perusahaan lain. Ini tidak sama dengan ikatan dinas yang sudah dibiayai, diopeni, diberikan uang saku, harus mengabdi di instansi tersebut,” paparnya.

TIMIKA - Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN) yang dibangun PT Freeport Indonesia (PTFI), merupakan langkah awal untuk memajukan Papua. Di IPN,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News