Banjir Bandang Tenggelamkan Ratusan Rumah

Banjir Bandang Tenggelamkan Ratusan Rumah
Banjir Bandang Tenggelamkan Ratusan Rumah
PASAMAN--Galodo atau banjir bandang kembali melanda wilayah Sumbar. Setelah Pesisir Selatan, kemarin giliran warga di Kenagarian Simpang dan Alahanmati, Kecamatan Simpati, dan Rimbo Malampah Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman yang merasakan dahsyatnya galodo. Ratusan rumah dan hewan ternak warga lenyap dihantam galodo yang terjadi Rabu (22/2) sekitar pukul 17.30 WIB.

Namun, belum bisa dipastikan jumlah korban jiwa dalam perstiwa itu, karena tim penyelamat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan SAR Pasaman dibantu BPBD Pasaman Barat dan Lubukbasung, Agam masih melakukan penyelamatan atau mengungsikan korban yang harus diungsikan ke daerah aman. Galodo tersebut terjadi, akibat tingginya curah hujan dalam dua hari terakhir. Kecamatan Simpati berbatasan dengan Kecamatan Tigo Nagari dan Bonjol.

Camat Simpati Yasrin Tules kepada Padang Ekspres (Group JPNN) tadi malam menyebutkan, kawasan itu ibarat lautan, penuh kayu dan dan lumpur. Jalanjalan menuju lokasi ditutupi kayu-kayu yang bertumbangan, ruas jalan utama Kumpulan-Pasaman Barat (Pasbar) putus total. Sepanjang satu kilometer jalan tertimbun material longsoran. Dua jembatan putus sehingga akses menuju lokasi terhambat.

Yasrin Tules yang tidak bisa menembus ke lokasi bencana kepada Padang Ekspres tadi malam mengatakan, genangan air menutupi sebagian besar pemukiman dan jalan di dua nagari itu. Akibatnya, jalan menuju lokasi galodo sulit ditempuh.

PASAMAN--Galodo atau banjir bandang kembali melanda wilayah Sumbar. Setelah Pesisir Selatan, kemarin giliran warga di Kenagarian Simpang dan Alahanmati,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News