Jumlah Pasien HIV/AIDS Sulit Dideteksi

Jumlah Pasien HIV/AIDS Sulit Dideteksi
Jumlah Pasien HIV/AIDS Sulit Dideteksi
PURWOKERTO- Berapa banyak penderita HIV/AIDS di Banyumas? Rupanya sulit untuk menemukan data yang pas, atau mendekati jumlah riil korban HIV/AIDS. Dokter dan konselor di Klinik VCT RS Margono Soekardjo, dr Akhmad Wiryawan, mengaku, tak ada data pasti berapa jumlah penderita HIV/AIDS. Dia mengatakan, sedikitnya ada 385 orang dinyatakan positif HIV/AIDS di Klinik VCT RS Margono Soekardjo.

Data tersebut merupakan angka akumulasi dari 2005 sampai Januari 2012. Di samping itu, jumlah 385 itu bukan hanya orang Banyumas. Sebab, Klinik VCT RSMS melayani pasien HIV/AIDS dari berbagai daerah. Diantaranya  wilayah Barlingmascakeb, plus Brebes, Pemalang, dan Ciamis Bagain Timur.

Jumlah 385 orang positif HIV/AIDS merupakan data yang ditemukan Klinik VCT RSMS yang terus melakukan sosialisasi terpadu. Karena itu, masih juga ada data yang belum ditemukan. Fenomena ini, ujarnya, seperti gunung es, yang  bila mencair akan menimbulkan efek dahsyat.

Dia menuturkan, jumlah 485 itu  merupakan penemuan yang aktif. tentunya, ada juga penderita yang belum ditemukan. Ini menjadi tanggungjawab pemerintah, dan stakeholder lain yang terkait.

PURWOKERTO- Berapa banyak penderita HIV/AIDS di Banyumas? Rupanya sulit untuk menemukan data yang pas, atau mendekati jumlah riil korban HIV/AIDS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News