Kamis, 02 Oktober 2014 | 11:26:34
Home / Olahraga / Sepakbola / Klaim Dua Klub IPL Bakal Gabung ISL

Minggu, 22 April 2012 , 05:56:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - PSSI versi La Nyalla Mattalitti percaya diri kubunya yang akan mendapat pengakuan dari AFC dan FIFA. PSSI La Nyalla bahkan sudah membentuk  Komite Ad-Hoc Kompetisi Profesional untuk membahas bagaimana format kompetisi musim depan.

Jum"at malam kemarin komite yang diketuai Erwin Budiawan itu menggelar rapat keduanya di Hotel Park Lane Jakarta. Tercatat perwakilan 15 klub Indonesia Super League (ISL) hadir.

Tiga klub ISL yang berhalangan hadir adalah Persija Jakarta, Persiram Raja Ampat, dan PSPS Pekanbaru. Rapat Jum"at malam  kemarin membahas hasil komunikasi dengan klub-klub Indonesia Premier League (IPL) yang masih tercatat sebagai anggota PSSI. Yaitu Semen Padang, Persiraja Banda Aceh, Persiba bantul, dan Persijap Jepara. Hasilnya, dua dari empat klub itu menyatakan siap kembali ke ISL musim depan.

"Di luar dugaan, klub ISL mau menerima klub-klub IPL lagi. Mereka pun siap menjalin kominikasi agar kembali ke ISL," ujar Erwin Budiawan.

"Hasil komunikasinya pun cukup baik. Dua dari 4 klub IPL yang tercatat sebagai anggota PSSI sudah menyatakan kesiapannya kembali ke ISL musim depan. Bahkan, ada yang siap memulainya dari Divisi Utama. Namun, untuk nama klubnya saat ini saya belum bisa sebut," sambungnya.

Di luar empat klub itu, ada dua klub IPL yang juga tercatat sebagai anggota PSSI. Namun dua klub tersebut tidak berlaga di IPL, melainkan di Divisi Utama dan Divisi I. Dua klub itu adalah Bontang FC dan PSM Makassar.

"Dua klub itu juga kami ajak komunikasi. Namun, berbeda dengan 4 klub sebelumnya, dua klub itu kalau ingin bergabung harus sesuai ketentuan. Bontang FC ke Divisi Utama karena terdegradasi di ISL 2010/2011 dan PSM ke Divisi I lantaran pindah ke Liga Primer Indonesia (LPI) pada pertengahan musim ISL 2010/2011," beber Erwin.

Dengan kondisi itu, Komite Ad-Hoc Kompetisi Profesional telah menyiapkan dua format kompetisi untuk musim depan. Yaitu mempertahankan jumlah peserta ISL 18 klub atau jadi 20 dengan catatan disahkan dalam Kongres PSSI pada Agustus 2012.

"Jika sesuai rencana empat klub itu kembali ke ISL, kami sudah punya dua opsi format kompetisi musim depan, yakni mempertahankan jumlah peserta 18 atau 20 dengan catatan disahkan lebih dulu dalam Kongres PSSi pada Agustus 2012. Intinya, PSSI tidak mau arogan. Semua langkah kami sesuai aturan dan Statuta PSSI. Jadi, perubahan format kompetisi itu pun saya jamin bakal berjalan sesuai aturan yang ada," terang Erwin. Menurut Erwin, hasil rapat itu akan dilaporkan ke tim Task Force AFC. (ali)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar
      1. 25.06.2014,
        01:34
        nice penalty removal
        jOuJUM Major thanks for the blog post. Awesome. From mobile