Jemaah Haji Dapat Dua Vaksin Gratis

Jemaah Haji Dapat Dua Vaksin Gratis
Jemaah Haji Dapat Dua Vaksin Gratis
JAKARTA--Geliat pelaksanaan ibadah haji 2012 dimulai bulan depan. Yakni, di mulai dengan pelayanan kesehatan terhadap calon jamaah oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Pelayanan kesehatan sejak enam bulan sebelum masa keberangkatan ini diharapkan, bisa memastikan kondisi kesehatan dan meminimalisir jamaah yang wafat di tanah suci.

Di sela Rapat Kerja Kesehatan Nasional di Jakarta, Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan pelayanan kesehatan ini diberikan hingga tingkat puskesmas. Tugas utama tenaga medis adalah mendeteksi jamaah haji yang masuk kategori resiko tinggi (risti). "Evaluasi kami, tahun lalu banyak jamaah yang sakit dan wafat di tanah suci," kata dia.

Upaya pertama pelayanan kesehatan ini dimulai dengan meminta data calon jamaah yang berangkat tahun ini dari Kementerian Agama (Kemenag). "Data ini harus sudah di dinas kesehatan daerah sebelum April depan," ujar Endang.

Berbekal data ini, kata Endang, petugas medis bisa memetakan awal calon jamaah yang masuk kategori risti. Paling mudah, petugas bisa mendeteksi calon jamaah risti dari umur yang melebihi 60 tahun. Rentang waktu enam bulan ini juga bisa digunakan untuk mencegah ada calon jamaah yang melahirkan di tanah suci.

JAKARTA--Geliat pelaksanaan ibadah haji 2012 dimulai bulan depan. Yakni, di mulai dengan pelayanan kesehatan terhadap calon jamaah oleh Kementerian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News