Perusahaan Rusia Tiru Logo ITS

Perusahaan Rusia Tiru Logo ITS
Perusahaan Rusia Tiru Logo ITS
SURABAYA - Logo milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya diduga kuat dijiplak sebuah perusahaan asal Rusia. Perusahaan dengan nama Inkom TehSnab itu mencantumkan sebuah logo pada website-nya yang beralamat di http://www.1hydro.ru.

Bentuk logo yang terdapat pada situs tersebut memang mirip. Yang membedakan hanya warna dasar dan singkatan. ITS akan menentukan langkah hukum untuk menyikapi persoalan itu.

"Kami akan diskusikan lagi dengan bagian hukum di ITS. Juga ahli hukum dari luar," kata Rektor ITS Prof Triyogi Yuwono pada wartawan, (2/3). Dia mengungkapkan, logo ITS yang asli pernah diusahakan untuk mendapatkan paten dari pemerintah. Tetapi, proses itu mandek hingga sekarang.

Meski demikian, logo ITS telah tercantum pada statuta. Acuannya adalah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2011 tentang Statuta ITS tertanggal 21 November 2011. Bentuk dan ukuran logo itu tertera pada pasal (5) ayat 8 dan 9. Pasal tersebut menjelaskan sangat detail, mulai tinggi huruf hingga ketebalan garis. "Logo itu sudah dipakai sejak zaman Pak Nuh (Mohammad Nuh, kini Mendikbud) menjadi rektor, sekitar tahun 2005," imbuhnya.

SURABAYA - Logo milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya diduga kuat dijiplak sebuah perusahaan asal Rusia. Perusahaan dengan nama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News