Satuan Radar 243 Timika Resmi Beroperasi

Satuan Radar 243 Timika Resmi Beroperasi
Satuan Radar 243 Timika Resmi Beroperasi
TIMIKA – Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI, Imam Sufaat, S.IP telah meresmikan operasional Satuan Radar (Satrad) 243 Timika yang dibangun sejak tahun 2009. Kegiatan peresmian dilaksanakan Senin (5/3) di Pangkalan Satrad 243 Timika, Kilometer 8, Kampung Kamoro Jaya, Distrik Mimika Baru, Kabupaten Mimika, Papua.

Peresmian Satrad 243 Timika dilakukan dengan ditandainya pembukaan selubung papan nama pangkalan Satrad dan penandatanganan prasasti Satrad oleh Kasau. Dengan diresmikannya Satrad 243 Timika, maka jumlah Satuan Radar yang berada di Kawasan Udara Sektor IV berjumlah lima buah, yakni yang terletak di Kupang, Saumlaki, Biak, Merauke, dan Timika.

Kasau yang ditemui wartawan mengatakan, dengan sudah beroperasinya Satrad 243 Timika ini, tentunya mata pertahanan udara nasional semakin terbuka. Karena saat ini, sudah tidak ada ruang terbuka lagi yang bisa dilewati oleh pesawat tidak dikenal tanpa diketahui TNI AU.

“Radar yang dibangun ini, dalam sistem pertahanan udara nasional sebagai mata. Sehingga kalau ada target yang diluar jadwal dan tidak dikenal, maka pesawat tempur yang stand by di Papua, bisa segera melakukan identifikasi. Kalaupun terpaksa disuruh turun, maka akan diturunkan. Atau kalau ada perintah untuk dihancurkan, maka akan dihancurkan,” jelas Kasau.

TIMIKA – Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI, Imam Sufaat, S.IP telah meresmikan operasional Satuan Radar (Satrad) 243 Timika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News