PKB: Managemen dan Pelayanan Transportasi Buruk

PKB: Managemen dan Pelayanan Transportasi Buruk
PKB: Managemen dan Pelayanan Transportasi Buruk
JAKARTA – Buruknya manajemen transportasi dan pelayanan dituding sebagai penyebab banyaknya kecelakaan lalu lalu lintas. Di luar itu, disiplin  berlalu lintas juga menyumbang angka kecelakaan transportasi.

Ketua Fraksi PKB DPR Marwan Jafar mengatakan hal tersebut dalam diskusi 6yang dilaksanakan Fraksi PKB di gedung DPR, Kamis (7/3). Menurut Marwan, sepanjang 2011 lalu di seluruh Indonesia tercatat ada 106.129 kecelakaan  lalulintas dengan korban jiwa meninggal 30.629 jiwa, luka berat 35.787 dan luka ringan 107. 281.

Kerugian  meteril yang diderita dalam kecelakaan itu mencapai Rp 278,432 miliar. Tingginya angka kecelakaan ini menurutnya karena banyaknya persoalan pelik yang membelit angkutan darat, mulai dari pemerintah selaku regulator yang tidak mampu melakukan pengawasan optimal.

”Dan yang repotnya rendahnya penegakan hukum terhadap pelanggar lalulintas, padahal payung hukumnya jelas UU No. 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan angkutan jalan,” kata Marwan.

Di undang-undang itu, kata dia, sudah tegas dijelaskan. Mulai dari perencanaan, pengaturan, pengendalian, sampai pengawasan. Tapi pelaksanaannya yang sewajibnya dilakukan pemerintah sebagai regulator tidak pernah optimal. ”Sebaiknya pemerintah segera mengeluarkan Peraturan Pemerintah untuk menopang semakin kuatnya UU No.22 Tahun 2009,” ujarnya.

JAKARTA – Buruknya manajemen transportasi dan pelayanan dituding sebagai penyebab banyaknya kecelakaan lalu lalu lintas. Di luar itu, disiplin 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News