Siapkan Rp 5 T untuk Mobnas Listrik

Siapkan Rp 5 T untuk Mobnas Listrik
Siapkan Rp 5 T untuk Mobnas Listrik
JAKARTA - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak terhindarkan lagi. Di tengah kondisi pelik itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan mencetuskan ide segar. Yakni, merancang lahirnya mobil nasional (mobnas) bertenaga listrik. "Sekitar tiga bulan lagi semoga sudah bisa di uji coba," kata Dahlan setelah bertemu dengan pimpinan DPR di Senayan, Jakarta, kemarin (15/3).

Dia memperkirakan pembuatan mobil listrik tahap pertama itu akan menghabiskan dana Rp 5 triliun. Besaran dana tersebut sangat jauh bila dibandingkan dengan penggunaan BBM yang hingga bisa mencapai ratusan triliun. "Saya sangat ingin melahirkan?mobil listrik nasional untuk bisa mengurangi ketergantungan kita pada BBM," cetus mantan dirut PLN tersebut.

Menurut Dahlan, persoalan BBM akan terus muncul selama Indonesia masih sangat bergantung pada BBM seperti sekarang ini. Karenanya, diperlukan langkah terobosan untuk mulai bisa lepas dari keterikatan terhadap BBM. "Sudahlah tinggalkan BBM, sampai mati kita terus akan heboh dan ribut-ribut soal BBM. Mobil listrik ini salah satu jalan keluarnya," imbuhnya.    

Pentingnya mulai meninggalkan BBM, lanjut dia, karena jumlah energi tersebut yang tersedia semakin hari semakin menipis. Di sisi lain, jumlah populasi manusia semakin meningkat dari tahun ke tahun. "Dunia juga sudah mengarah ke listrik, kita tidak boleh ketinggalan terus, mobnas listrik ini jawabannya," tandasnya.

JAKARTA - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak terhindarkan lagi. Di tengah kondisi pelik itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan mencetuskan ide

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News