Danau Toba Diusulkan jadi Ikon Wisata Dunia

Danau Toba Diusulkan jadi Ikon Wisata Dunia
Danau Toba Diusulkan jadi Ikon Wisata Dunia
MEDAN- Dianggap sebagai salah satu keajaiban geologi di dunia, membuat Danau Toba diusulkan menjadi ikon pariwisata Global Geopark Network (GGN) oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco).

Pakar Geologi dari Malaysia, Prof Ibrahim Komoo mengatakan keadaan geologi di Indonesia sangat luar biasa dan banyak jumlahnya. Bahkan lebih baik dari negara-negara Eropa dan Cina yang sudah memiliki geopark. "Danau Toba ini sudah sangat luar biasa," kata Ibrahim yang juga salah satu anggota tim asesor UNESCO pada Sosialisasi Geopark Danau Toba yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Ruang Beringin Lt. 8 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Medan, Rabu (21/3).

Terakhir kali kunjungannya ke Danau Toba sekitar 10 tahun lalu. Saat itu diakuinya bukan hanya keindahan alam yang dikagumi, tapi juga misteri yang terkandung di dalamnya sangat luar biasa. Sejak itu banyak tulisan dan cerita yang dikumpulkannya terkait awal mula terbentuknya Danau Toba.

Hanya saja menurutnya kelemahan yang biasa dimiliki orang-orang Timur, kurang memiliki komitmen kuat dalam meyakinkan dan mendokumentasikan penelitian dan tulisan-tulisan terkait potensi geopark yang ada. Sehingga untuk tingkat Asia Tenggara, baru pada 2007 geopark pertama yang berhasil ditetapkan UNESCO yaitu Langkawi, Malaysia.

MEDAN- Dianggap sebagai salah satu keajaiban geologi di dunia, membuat Danau Toba diusulkan menjadi ikon pariwisata Global Geopark Network (GGN)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News