Ekonomi Indonesia Masih Terpusat di Jawa-Bali

Berdasarkan Laporan Terbaru ILO

Ekonomi Indonesia Masih Terpusat di Jawa-Bali
Ekonomi Indonesia Masih Terpusat di Jawa-Bali
JAKARTA - Organisasi PBB yang mengurusi soal perburuhan, ILO, merilis Laporan Tren Sosial dan Ketenagakerjaan di Indonesia 2011. Dalam laporan terbarunya tersebut, ILO menguraikan bahwa Indonesia telah mengalami perkembangan yang pesat selama satu dasawarsa terakhir.

Namun, pertumbuhan dalam kegiatan ekonomi dan peluang kerja tidak tersebar secara merata di semua provinsi. Melainkan masih terpusat di Pulau Jawa dan Bali.

"Akibat perbedaan kondisi sosio-ekonomi dari satu provinsi dengan provinsi lain dan tata pemerintahan yang terdesentralisir, sangatlah penting untuk menganalisis  tantangan penciptaan lapangan kerja dan mengembangkan kebijakan yang efektif," ujar Direktur ILO di Indonesia Peter van Rooijdalam di Hotel Crowne Plaza, Jakarta, kemarin (22/3).

Ekonom ILO Kazutoshi Chatani menjelaskan, kurang dari 60 persen total angkatan kerja Indonesia terkonsentrasi di Pulau Jawa dan Bali. Terkait lapangan kerja, Kazu memaparkan Indonesia mengalami tingkat pertumbuhan lapangan yang sangat bebreda.

JAKARTA - Organisasi PBB yang mengurusi soal perburuhan, ILO, merilis Laporan Tren Sosial dan Ketenagakerjaan di Indonesia 2011. Dalam laporan terbarunya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News