Tidak Semua Bidang Diisi CPNS Baru Fresh Graduate

Kemen PAN-RB Dorong Efisiensi Aparatur

Tidak Semua Bidang Diisi CPNS Baru Fresh Graduate
Tidak Semua Bidang Diisi CPNS Baru Fresh Graduate
JAKARTA - Lulusan sarjana baru atau fresh graduate bisa melamar di seleksi CPNS baru yang rencanannya digelar tahun ini. Namun, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) membatasi, tidak semua bidang diperuntukkan untuk CPNS baru. Mereka meminta ada efisiensi aparatur.

Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kemen PAN-RB Ramli E. Naibaho di Jakarta menjelaskan, banyak sekali bidang pekerjaan yang tidak tepat jika diisi oleh CPNS baru yang baru lulus kuliah atau fresh graduate. Dia mencontohkan untuk posisi sipir di lembaga pemasyarakatan (lapas).

Ramli menegaskan, akan muncul masalah baru jika lapas dijaga oleh anak-anak muda yang baru lulus kuliah. Dia meminta, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) bisa mengatur sedemikian rupa sehingga kebutuhan sipir bisa ditutup oleh pegawai atau aparatur yang sudah ada tetapi beban kerjanya masih minim.

"Lembaga pemasyarakatan itu beda dengan tahanan. Harus ada pembinaan-pembinaan. Sulit jika dilakukan oleh orang baru (fresh graduate)," kata dia. Menurut Ramli, sipir di lapas perlu ada bekal dan pengalaman yang mendalam tentang keagamaan, psikologi, dan sosiologi.

JAKARTA - Lulusan sarjana baru atau fresh graduate bisa melamar di seleksi CPNS baru yang rencanannya digelar tahun ini. Namun, Kementerian Pendayagunaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News