Suu Kyi Jatuh Sakit Saat Kampanye

Suu Kyi Jatuh Sakit Saat Kampanye
Suu Kyi Jatuh Sakit Saat Kampanye
YANGON--Intensitas kampanye yang tinggi dan gencar menjelang pemilu sela parlemen pada 1 April nanti membuat kondisi fisik dan kesehatan Aung San Suu Kyi drop. Kemarin (25/3) tokoh penerima Nobel Perdamaian 1991 dilaporkan jatuh sakit. Pendiri dan ketua partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) teresbut terpaksa safari politiknya keliling Myanmar dalam sepekan ke depan.

Kyi Toe, wakil pejabat bidang informasi NLD, mengungkapkan bahwa dokter pribadi menyarankan agar Suu Kyi istirahat setelah muntah-muntah dalam perjalanan kampanye ke Kepulauan Mergui, wilayah terpencil di selatan Myanmar.

Menurut Tin Myo Win, dokter pribadi Suu Kyi, ikon demokrasi Myanmar itu muntah-muntah dan harus diinfus saat dalam perjalanan ke Kota Myeik. "Dia kelelahan karena berada di perahu untuk waktu yang cukup lama," kata Tin. Kunjungan dan jadwal kampanye di Desa Kyunsu juga dibatalkan. "Saat ini kami sedang merawatnya. Dia diinfus dan tekanan darahnya rendah," tambahnya.

Fotografer Agence France-Presse yang mengikuti kampanye itu menuturkan bahwa sekitar 1.000 orang berkumpul di sebuah rumah tempat Suu Kyi dirawat. Ini kali kedua putri pahlawan nasional Myanmar, Jenderal Aung San, tersebut muntah-muntah selama kampanye. Sebelumnya, Suu Kyi pernah muntah-muntah dan jatuh sakit saat berkampanye bulan lalu.

YANGON--Intensitas kampanye yang tinggi dan gencar menjelang pemilu sela parlemen pada 1 April nanti membuat kondisi fisik dan kesehatan Aung San

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News