Kerangka Manusia Prasejarah Ditemukan di Aceh

Kerangka Manusia Prasejarah Ditemukan di Aceh
Kerangka Manusia Prasejarah Ditemukan di Aceh
TAKENGON - Dua kerangka manusia zaman prasejarah diperkirakan berusia 4.400 tahun lalu, ditemukan tim peneliti Arkeologi dari Balai Arkeologi Medan. Penemuan jenazah prasejarah itu dilokasi Kampung Ceruk (Loyang) Ujung Karang, Kecamatan Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah, sempat menggegerkan masyarakat setempat untuk melihat secara pasti.

Taufik dari Balai Arkeologi Medan, menuturkan, dua kerangka manusia masih utuh, satu laki-laki dan perempuan ditemukan berdampingan sedang memeluk batu petak. Dikatakan tumpukan batu sengaja disusun menyerupai peti.

penemuan kerangka manusia di Loyang Ujung Karang itu, tidak jauh dari ibu Kota Takengon, dengan kedalaman escavasi 2x2 meter persegi giografi. Sebelumnya, kerangka manusia yang ditemukan itu usianya masih muda. Hal itu dilihat dari gerahang M3. “Saat ini di Loyang Ujung Karang sudah lima kerangka manusia prasejarah yang ditemukan tim,’” ujar Taufik.

Kedua jenazah itu, menurut Taufik, orang terpandang pada saat zaman dulu kala. Selain dua kerangka yang masih utuh, tim arkeologis juga menemukan kerangka manusia yang telah beracak-acakan dilokasi tersebut.

TAKENGON - Dua kerangka manusia zaman prasejarah diperkirakan berusia 4.400 tahun lalu, ditemukan tim peneliti Arkeologi dari Balai Arkeologi Medan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News