Hadar Janji Tidak Loncat ke Parpol

Hadar Janji Tidak Loncat ke Parpol
Hadar Janji Tidak Loncat ke Parpol
JAKARTA - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) terpilih Hadar Nafis Gumay berjanji tidak akan loncat ke partai politik ketika nantinya sudah duduk di lembaga penyelenggara pemilu itu. Alasannya, dia mengaku tidak punya kapasitas di bidang politik.

"Saya tidak punya kapasitas dan keahlian masuk parpol. Ini soal pilihan dan saya lebih pas berada di luar parpol," kata Hadar N Gumay, di gedung Nusantara IV, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (26/3).

Soal anggota KPU masuk ke parpol, lanjutnya memang tidak bisa dilarang melalui undang-undang (UU) karena ini masalah hak. "Tapi kode etik bisa dijadikan alat untuk membatasi anggota KPU loncat ke Parpol pada masa akhir jabatannya sebagai komisioner KPU," saran Hadar.

Dikatakannya, kode etik yang membatasi hak-hak komisioner KPU masuk ke Parpol sudah banyak diterapkan oleh negara-negara demokrasi di dunia.

JAKARTA - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) terpilih Hadar Nafis Gumay berjanji tidak akan loncat ke partai politik ketika nantinya sudah duduk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News