Google Luncurkan Mobil Jenius Tanpa Supir

Google Luncurkan Mobil Jenius Tanpa Supir
Google Luncurkan Mobil Jenius Tanpa Supir
SACRAMENTO – Sukses mengubah cara pandang publik di seantero jagat lewat mesin pencari dan sistem navigasi, Google kembali melahirkan terobosan baru. Kali ini, raksasa software dan internet Amerika Serikat (AS) yang berpusat di Kota Mountain View, Santa Clara County, Negara Bagian California, itu menciptakan mobil jenius. Ya, dikatakan jenius karena mobil itu bisa berjalan sendiri.

Sebenarnya, proyek mobil jenius itu sudah diluncurkan sejak Oktober 2010. Tapi, sampai sekarang, Google masih terus menyempurnakan proyek tersebut. Nantinya, kaum tunanetra atau penyandang cacat yang lainnya bakal bisa mengemudikan mobil canggih itu. Sebab, meski dilengkapi dengan kemudi, spion, dan aneka kelengkapan berkendara lainnya, mobil jenius tersebut tak membutuhkan sopir.

Daily Mail melaporkan hasil uji coba mobil jenius Google itu oleh Steve Mahan. Dalam uji coba yang kemudian diunggah ke internet dengan judul ”Self-Driving Car User #0000000001” itu, terlihat Mahan duduk di belakang kemudi bersama tiga penumpang. Padahal, pria asal California tersebut mengalami gangguan penglihatan 95 persen.

’’Lihat, tanpa tangan dan kaki,’’ seru Mahan sambil mengangkat tangannya dari balik kemudi. Meskipun pria berambut putih itu tak memegang kemudi atau menginjak gas dan rem, mobil jenius Google tetap berjalan dengan baik. Dalam rekaman video itu, terlihat Mahan berkendara ke sebuah supermarket dan laundry di kawasan Morgan Hill, California.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News