Sultan Minta HB IX Tak Dikultuskan

Sultan Minta HB IX Tak Dikultuskan
Sultan Minta HB IX Tak Dikultuskan
JOGJAKARTA - Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengingatkan masyarakat agar tidak terjebak pada pengultusan HB IX. Sebab, menurut dia, HB IX tidak pernah mengharapkan setumpuk gelar maupun sanjungan.

 

Menurut gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta itu, segala yang dilakukan oleh sang ayah, baik untuk Keraton Jogjakarta maupun Republik Indonesia, merupakan kewajiban yang tersandang dalam namanya. Yakni, misi Hamengku, Hamangku, Hamengkoni sebagai wujud visi semesta: Hamemayu-Hayuning Bawana.

 

"Beliau telah mewasiatkan kepada kami semua, jangan sekali-kali mengultuskannya. Sanjungan dan pengultusan tidak ada gunanya buat almarhum. Sebab, kesederhanaan adalah letak karismanya," ujar putra HB IX dari KRA Windyaningrum tersebut dalam orasi budaya di hadapan 5.000 orang lebih di Pagelaran Keraton Jogjakarta dalam rangka seabad HB IX.

 

Menurut HB X, ayahnya mendambakan kehidupan seperti orang kebanyakan. Dia menjalin hubungan dengan banyak orang tanpa beban dan embel-embel. Contohnya, sebagai bapak pramuka Indonesia, HB IX kerap dipanggil Kak Sultan agar menjaga semangat muda. Meskipun Sultan sejatinya bukan nama, melainkan gelar tertinggi di Keraton Jogjakarta.

 

JOGJAKARTA - Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mengingatkan masyarakat agar tidak terjebak pada pengultusan HB IX. Sebab, menurut dia, HB IX tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News