Minggu, 20 April 2014 | 05:08:12
Home / Nasional / Dahlan Jual E-Toll Card di Cililitan

Senin, 16 April 2012 , 06:43:00

RELATED NEWS

JAKARTA - Hari ini Menteri BUMN Dahlan Iskan dijadwalkan berjualan kartu elektrik tol atau e-Toll Card di gate Cililitan. Pada penjualan itu, pembeli e-toll card bisa memenangkan undian langsung dengan hadiah iPad, Samsung Tabs dan lain-lain.

Senior Vice President Electronic Banking Bank Mandiri Rico Usthavia Frans kepada INDOPOS (JPNN Group) tadi malam memastikan aksi jualan e-toll card oleh Dahlan akan berjalan selama dua jam. "Mulai dari pukul sembilan pagi hingga 11 siang," katanya. Rico menyebut, gate Cililitan dipilih menjadi lokasi penjualan langsung mengingat ruas tol tersebut selama ini termasuk paling sering mengalami kemacetan parah. Rico tidak menjelaskan berapa target penjualan yang dipatok saat Dahlan langsung memimpinnya ini.

"Yang pasti, dalam sehari, penjualan e-toll card bisa mencapai ribuan. Itu angka penjualan reguler," katanya. Pada penjualan yang dipimpin Dahlan hari ini, menteri nyentrik itu tidak akan turun ke jalan sendirian. Para petinggi Bank Mandiri, Jasa Marga dan juga petugas penjualan reguler akan ikut mendampinginya. Cara berjualan Dahlan dipastikan akan sama dengan penjualan biasanya. Berdiri menjelang gate, menenteng e-toll card dan menawarkannya kepada pengguna jalan tol.

Aksi jual langsung oleh dis, inisial Dahlan Iskan saat masih menjadi wartawan, akan dibarengi dengan penerapan diskon 10 persen tarif tol untuk gate otomatis. "Mulai besok (hari ini, Red) pengguna e-toll card mendapatkan potongan 10 persen pada setiap transaksi di gate otomatis," terang Rico.

Potongan harga tarif tol itu berlaku hingga Juli mendatang. "Pihak Jasa Marga sudah mengirimkan surat permohonan kepada Kementerian Pekerjaan Umum agar diskon di gate otomatis bisa permanen," terang Rico. Diskon tersebut berlaku untuk semua gate otomatis di luar hari libur dan akhir pekan. Jika tarif tol pada pintu manual dipatok Rp 7 ribu, tarif yang dibayarkan di gate otomatis dengan e-toll card hanya Rp 6.300.

Hingga bulan lalu, pertumbuhan jumlah pengguna kartu elektronik masih berkisar pada angka satu persen per bulan. Total pengguna e-toll card masih berjumlah 11,5 persen dari angka jumlah pengguna jalan tol. Targetnya, pada Juni nanti penggguna e-toll card bisa sebanyak 20 persen dari jumlah kendaraan yang melintas di tol.

Untuk mengejar target jumlah pengguna e-toll card hingga 20 persen pada Juni, Rico menyebut saat ini jaringan anjungan tunai mandiri milik Bank Mandiri sudah bisa digunakan untuk isi ulang saldo e-toll card. Pengguna e-toll card bisa mengisi ulang kartunya di ATM Mandiri dengan menggunakan kartu ATM bank non-Mandiri asal masih berada dalam jaringan ATM bersama. Isi ulang kartu elektronik tersebut juga masih bisa dilakukan di  jaringan waralaba Indomart-Alfamart.

Upaya lain untuk mendongkrak penggunaan e-toll card adalah menambah jumlah gate otomatis di ruas tol. Saat ini sudah ada 40 gate otomatis dan ditargetkan paling tidak pada September nanti bertambah menjadi 45 titik.(tir)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar