Jumat, 24 Oktober 2014 | 16:33:21
Home / Olahraga / Piala Eropa 2012 / Menang demi Mendiang Preciado

Minggu, 10 Juni 2012 , 22:17:00

BERITA TERKAIT

KALA Andres Iniesta mencetak gol tunggal kemenangan Spanyol atas Belanda di final Piala Dunia 2010, selebrasi yang dilakukannya adalah menunjukkan tulisan khusus dalam t-shirt di balik kostumnya. Tulisan itu ditujukan kepada teman baiknya, pemain Espanyol Dani Jarque, yang meninggal dunia karena serangan jantung pada 2009.

Nah, selebrasi serupa rentan terjadi dalam laga Spanyol versus Italia. Ya, apabila mencetak gol maupun menang, Iker Casillas cs ingin mendedikasikannya kepada Manolo Preciado yang meninggal 24 jam setelah ditunjuk sebagai pelatih baru Villarreal (6/6) karena serangan jantung.
 
Dalam skuad Spanyol saat ini memang tidak ada pemain yang pernah menjadi anak asuh Preciado. Itu karena selama 17 tahun karir kepelatihannya, Preciado menghabiskannya untuk menukangi klub-klub kecil seperti Sporting Gijon, Racing Santander, Murcia, dan Levante.
 
Tapi, semua pemain Spanyol memberi apresiasi tinggi kepada pelatih yang mengakhiri catatan sembilan tahun tidak terkalahkan dalam laga home liga milik Jose Mourinho itu. Winger Chelsea Juan Mata dan striker Barcelona Pedro Rodriguez mewakili suaras pemain yang ingin mempersembahkan kemenangan untuk mendiang Preciado.
 
"Peristiwa meninggalnya Preciado merupakan kehilangan besar bagi sepak bola di negeri kami. Dia seorang yang sangat populer, profesional, dan sangat dicintai. Kontribusinya juga sangat besar bagi dunia sepak bola," ungkap Mata kepada radio Marca.
 
"Kami telah memberikan penghormatan terakhir kepadanya di sesi latihan dan dengan penuh motivasi, kami juga ingin memberikan penghormatan saat pertandingan," tutur Pedro di kesempatan terpisah.
 
Spanyol melalui federasi sepak bola mereka (RFEF) sudah meminta izin kepada UEFA agar diberi waktu satu menit sebelum kickoff lawan Italia untuk seremoni mengheningkan cipta mengenang Preciado. UEFA dikabarkan sudah mengabulkannya sekalipun belum merilis pernyataan resmi hingga kemarin.
 
"Saya tidak terlalu sering berkomunikasi dengan almarhum, tapi dia merupakan pejuang sepak bola. Semoga semangatnya bakal menginspirasi para pemain dalam pertandingan nanti," jelas entrenador Spanyol Vicente del Bosque. (dns)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar