Siapkan Shelter Vertikal di Kawasan Rawan Tsunami

Siapkan Shelter Vertikal di Kawasan Rawan Tsunami
Siapkan Shelter Vertikal di Kawasan Rawan Tsunami
JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk menyusun masterplan antisipasi bencana gempabumi dan tsunami di masa mendatang. Hal itu dianggap penting dalam mengatasi bencana pada masa-masa mendatang.

"Bapak Presiden dalam rapat terbatas di Istana Bogor siang tadi meginstruksikan supaya master plan antisipasi bencana gempa bumi dan tsunami disiapkan," kataJuru Bicara BNPB,  DR. Sutopo Purwo Nugroho, Senin (16/4).

Sutopo menjelaskan, dalam rapat terbatas itu Kepala BNPB, Syamsul Maarif melaporkan kepada Presiden tentang penanganan gempabumi dan tsunami di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bengkulu. Dari catatan BNPB, secara umum penanganannya lebih baik dibandingkan tsunami 2004.

"Sistem telah bekerja dan mekanisme masih ada yang perlu disempurnakan. Di sebagian daerah terjadi kemacetan saat evakuasi karena masyarakat membawa kendaraan dan panik," kata Sutopo menjelaskan.

JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memerintahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Meteorologi, Klimatologi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News