10 Sumber Gempa Ancam Jakarta

Potensi Gempat Selat Sunda Bisa Capai 8,4 SR

10 Sumber Gempa Ancam Jakarta
10 Sumber Gempa Ancam Jakarta
WARGA DKI Jakarta diminta lebih waspada. Berdasarkan pantauan Tim Revisi Peta Gempa Indonesia, terdapat 10 titik sumber gempa yang ada di sekitar Jakarta. Sumber gempa terbesar berada di Selat Sunda dengan kekuatan hingga 8,4 skala Reichter.

Ketua Tim Revisi Peta Gempa Indonesia, Masyhur Irsyam  mengungkapkan hal itu, Selasa (17/4). "Kekuatan gempa bisa lebih dari 8,4. Ada yang menyebut sampai 8,7 dan 9 skala Reichter," jelas Masyhur.

Ketua Pusat Penelitian Mitigasi Bencana Institut Teknologi Bandung ini menambahkan, berdasarkan perhitungan yang ada, gempa dari Selat Sunda jika terjadi akan menyebabkan getaran dasar tanah Jakarta hingga skala 0,12 g (p.g.a atau skala kecepatan getaran tanah). Getaran itu akan berakibat fatal bagi gedung atau bangunan yang memiliki ketahanan di bawah 0,12 g.

"Di Jakarta, gedung lebih dari delapan lantai memiliki ketahanan getaran tanah hingga 0,2 g. Artinya, masih tahan terhadap potensi ancaman dari Selat Sunda itu," katanya.

WARGA DKI Jakarta diminta lebih waspada. Berdasarkan pantauan Tim Revisi Peta Gempa Indonesia, terdapat 10 titik sumber gempa yang ada di sekitar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News