SMAN 2 Soposurung, Sekolah Unggulan di Balik Gunung Balige

Lima Tahun Seluruh Lulusan Masuk PTN

SMAN 2 Soposurung, Sekolah Unggulan di Balik Gunung Balige
Kegiatan ekstrakulikuler seni beladiri di SMAN 2 Balige, Sumatera Utara. Foto : Dite Surendra/Jawa Pos
Lokasi SMAN 2 Soposurung, Balige, Toba Samosir, termasuk di wilayah ÔøΩÔøΩpedalamanÔøΩÔøΩ Sumatera Utara. Meski di pinggiran, jangan tanya prestasi yang diraih sekolah yang didirikan mantan Menteri PAN T.B. Silalahi itu.

DHIMAS GINANJAR, Balige

DIBANDINGKAN bangunan lain di kompleks perkantoran Soposurung, gedung asrama Yayasan Soposurung (Yasop) SMAN 2 Soposurung, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, paling mencolok. Bukan hanya masalah luas lahan yang membuatnya jadi point of view. Kemegahan dan desain modernnya menjadikan sekolah itu enak dipandang.

ihatlah, sebuah gerbang yang dibangun mirip Arc de triomphe de l"toile atau gapura kemenangan di Paris menyambut para tamu. Gerbang kukuh itu diapit tembok yang tingginya sekitar 10 meter. Cukup untuk "menyembunyikan" sekolah itu dari luar.

   

Yang terlihat dari celah gerbang besar tersebut hanya tiang bendera, sedikit gedung sekolah, dan gunung di latar belakangnya. Menurut Dewan Pembina Yasop T.B. Silalahi, ada maksud tertentu mengapa komposisinya seperti itu. "Tiang bendera berlatar gunung itu mengingatkan perjuangan saat mengusir penjajah di bukit itu," ujarnya kepada Menteri BUMN Dahlan Iskan yang diundang untuk menghadiri upacara pelepasan siswa kelas 3 SMAN 2 Soposurung yang akan lulus tahun ini Sabtu (14/4).

Lokasi SMAN 2 Soposurung, Balige, Toba Samosir, termasuk di wilayah ÔøΩÔøΩpedalamanÔøΩÔøΩ

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News