Sabtu, 20 Desember 2014 | 07:50:11
Home / Politik / Legislatif / Perangi Kemiskinan dengan Semangat Kartini

Sabtu, 21 April 2012 , 15:51:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Hari ini, Sabtu (21/4), bangsa Indonesia memeringati Hari Kartini. Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka, menilai sosok Kartini itu sebagai perempuan yang mampu berpikir melampui zamannya.

Bahkan Rieke menganggap pemikiran Kartini melampui pemikiran banyak aktor-aktor politik di Indonesia saat ini. Dalam usia muda, kata Rieke, RA Kartini tidaklah bisa dipandang sebelah mata.

"Hasil perjuangannya merupakan sumber inspirasi perempuan Indonesia dan menjadi cikal bakal dari apa yang disebut emansipasi," kata Rieke, Sabtu (21/4). "Emansipasi Kartini merupakan perjuangan kesetaraan antara manusia dengan manusia lain," tambahnya.

Tidak hanya itu, papar Rieke, emansipasi yang diusung Kartini adalah sebuah upaya yang tiada henti tentang perjuangan melawan penindasan dan penghisapan yang melahirkan pemiskinan dan pembodohan. "Merayakan hari Kartini adalah merayakan sebuah kegigihan menegakan keadilan, perangi kemiskinan," tegasnya.

Dia mengajak agar perayaan hari Kartini dibarengi dengan terus memupuk semangat perjuangan yang jelas. "Bukan untuk kepentingan diri sendiri dan kelompok,"  pungkas politisi PDI Perjuangan itu. (boy/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar