60 Persen Taman Nasional Berbak Rusak Parah

60 Persen Taman Nasional Berbak Rusak Parah
60 Persen Taman Nasional Berbak Rusak Parah
JAMBI – Memprihatinkan. Itulah kondisi terkini Taman Nasional Berbak (TNB) yang terletak di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), Jambi. Taman seluas sekitar 162.700 hektare itu, kini 60 persen di antaranya mengalami kerusakan, akibat aksi pembalakan liar (illegal logging) sejak tahun 2001.

Menurut Arie Suriyanto, dari LSM Pemerhati Lingkungan Provinsi Jambi, kondisi itu kian bertambah parah bila tidak segera dilakukan tindakan tegas. Parahnya, aparat tak berdaya dan terkesan melakukan pembiaran terhadap pelaku penjarahan.

“Bila tidak segera dilakukan tindakan tegas, bukan tidak mungkin kerusakan kawasan taman nasional ini akan bertambah parah. Pihak berwenang kita nilai tidak berdaya, sehingga pencurian kayu di kawasan itu terus berlanjut,” ujarnya, kemarin.

Dijelaskan, dari luas TNB 162.700 hektare itu, sekitar 139.000 hektare di antaranya berada di kawasan Tanjabtim. Kerusakan 60 persen itu, kata dia, dikatagorikan dalam beberapa jenis, meliputi 40 persen kategori sangat parah dan sisanya 20 persen katagori ringan hingga sedang. “Memang kami lihat sudah ada upaya reboisasi, tapi belum mencapai harapan. Karena belum mengembalikan kondisi kawasan taman nasional ini,” katanya.

JAMBI – Memprihatinkan. Itulah kondisi terkini Taman Nasional Berbak (TNB) yang terletak di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News