Percepatan Ical Capres Golkar Terganjal

Percepatan Ical Capres Golkar Terganjal
Percepatan Ical Capres Golkar Terganjal
JAKARTA - Hiruk pikuk internal Partai Golkar soal penetapan capres dalam Pilpres 2014 terus bergulir. Internal partai berlogo beringin itu tidak satu suara terkait dengan rencana percepatan rapat pimpinan nasional (rapimnas) dari Oktober menjadi Juli 2012 dengan agenda penetapan capres.

Ada dua kubu di internal Golkar sehubungan dengan rencana rapimnas. Pertama, kubu Ketua Umum Aburizal Bakrie yang ngotot percepatan rapimnas dengan agenda penetapan pria yang akrab disapa Ical itu sebagai capres. Kedua, kubu penolak percepatan rapimnas yang dimotori Ketua Dewan Pertimbangan Akbar Tandjung dan mantan Ketua Umum Jusuf Kalla (JK).

Akbar menegaskan, percepatan rapimnas seharusnya tidak langsung menetapkan capres, tetapi harus membahas mekanisme penetapan capres terlebih dahulu. Sebab, jika langsung ditetapkan satu capres, publik akan menganggap Golkar tidak demokratis. "Jadi, jika ingin mempercepat rapimnas, menurut saya, agenda utamanya membahas mekanisme penetapan capres. Itu harus disepakati dahulu," kata Akbar Sabtu lalu (21/4).

Menurut dia, pada intinya dirinya tidak mempermasalahkan jika rapimnas dipercepat menjadi Juli. Syaratnya, agenda pembahasan rekrutmen capres dilakukan dengan pola konvensi seperti dilaksanakan pada masa kepemimpinannya. Apabila konvensi tidak disetujui, mekanisme rekrutmen capres itu mesti melibatkan semua stakeholder atau para pihak yang ada di lingkungan Golkar dan melibatkan infrastruktur partai hingga ke tingkat bawah, bukan hanya DPD I.

JAKARTA - Hiruk pikuk internal Partai Golkar soal penetapan capres dalam Pilpres 2014 terus bergulir. Internal partai berlogo beringin itu tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News