Jumat, 24 Oktober 2014 | 21:42:23
Home / Berita Daerah / Sulut / Kondisi Gunung Lokon Mulai Kritis

Selasa, 24 April 2012 , 01:45:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyakan, kondisi Gunung Lokon, Sulawesi Utara malam ini, Senin (23/4) pukul 20.00 Wita, dikategorikan kritis pasca peningkatan statusnya sejak Senin Siang tadi karena munculnya aktifitas kegempaan.

"Koordinasi BNPB Pusat dengan Kepala  PVMBG dilaporkan bahwa kondisi Gunung Lokon kritis karena adanya peningkatan aktivitas sampai malam ini," ungkap Kepala Pusat Analisis Data dan Informasi BNPB, Dr Sutopo Purwo Nugroho kepada jpnn, Senin malam (23/4).

Saat ini PVMBG menyatakan status Siaga Lokon (Kota Tomohon, Sulut) karena pada pukul 18:00-20:00 WITA malam ini, terjadi gempa seismik, diantaranya 1 kali gempa tektonik jauh, 2 kali gempa tektonik lokal, 13 kali gempa Vulkanik dalam, dan sekitar 50 kali gempa Vulkanik dangkal.

"Peningkatan aktivitas Gunung Lokon masih berlangsung, jika peningkatan aktivitas terus seperti ini, Lokon akan masuk situasi kritis dan berpotensi besar diikuti letusan," ujar Sutopo.

BNPB menghimbau agar PBD Kota Tomohon dan BPBD Provinsi Sulut mengikuti rekomendasi teknis yang telah diberikan dengan mengawasi agar tidak ada kegiatan masyarakat dalam radius 2.5 km dari kawah Tompaluan.(Fat/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar