Kamis, 02 Oktober 2014 | 11:25:11
Home / Politik / Pilkada / Waspadai Politik Pecah Belah di Internal Demokrat

Rabu, 25 April 2012 , 16:18:00

BERITA TERKAIT

CIREBON - Ketua DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron mengingatkan agar kader partai binaan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mewaspadai politik pecah belah menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cirebon, Jawa Barat. Menurutnya, seiring dengan pertumbuhan partai berlambang mercy itu yang semakin besar, maka tidak menutup kemungkinan ada pihak tertentu yang hendak memecah belah kader dengan memanfaatkan isu persaingan calon yang bakal diusung.

Herman yang juga wakil ketua Komisi IV DPR menjelaskan, saat ini ada tiga nama kader yang bersaing untuk dicalonkan sebagai Wali Kota Cirebon. Mereka adalah, Ketua DPC Demokrat Cirebon,  Nasrudin Azis yang juga ketua DPRD Kota Cirebon, Agus Prayoga (Pengurus DPC), dan Cecep Suhardiman (Sekretaris DPC Kota Cirebon).

"Ini patut diwaspadai. Jangan mudah terpecah. Kalau ada yang datang untuk memecah belah, boleh jadi (orang) itu titipan. Kedepankan persatuan, semangat bersama harus dipegang teguh," kata Herman pada  peresmian Sekretariat Bersama Pemenangan Pilkada Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Rabu (25/4).

Dijelaskan pula Herman, setiap kader berhak untuk dicalonkan dan diusung oleh partai. Namun, harus melalui mekanisme anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) Demokrat. "Nama-nama yang dijaring dari DPC akan berakhir di Majelis Tinggi Partai Demokrat yang diketuai SBY. Syarat-syarat seperti tingkat elektabilitas akan menjadi pertimbangan," katanya.

Menurut Herman, siapa pun nama yang akan direkomendasikan dari Partai Demokrat, semua kader harus memberi dukungan penuh.  "Mari kita saling memuji, saling meninggikan harkat dan martabat sesama kader. Jangan saling menyinggung. Siapapun calonya yang direkomendasikan dari DPP nantinya itu kita akan dukung," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Pilkada Kota Cirebon akan digelar pada Februari 2013. Sebelum melakukan penjaringan bakal calon, Demokrat kini tengah mempersiapkan sekretariat bersama pemenangan. Selain meresmikan sekretariat bersama pemenangan, Herman juga membagikan 20 becak kepada warga kota Cirebon. (awa/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar