Rabu, 30 Juli 2014 | 03:54:41
Home / Politik / Pilkada / Gerakan Koperasi Jakarta Dukung Foke-Nara

Rabu, 25 April 2012 , 17:29:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Kalangan gerakan koperasi seluruh DKI Jakarta memberi dukungan penuh pada Ketua Umum Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) DKI Jakarta, Nachrowi Ramli yang akan maju sebagai calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta mendampingi Fauzi Bowo yang akan tampil sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta 2012-2017. Pernyataan dukungan ini disampaikan Deputi Sekjen Dekopin Adji Gutomo dalam acara Silaturahmi Gerakan Koperasi se-DKI Jakarta, Rabu (25/4).

"Acara ini murni inisiatif kami, bukan permintaan Bang Nara (sapaan akrab Nachrowi Ramli). Bagi kalangan gerakan koperasi Jakarta, beliau bukan orang lain. Komitmen Bang Nara pada koperasi sangat tinggi. Sekarang beliau masih menjabat sebagai Ketua Umum Dekopinwil DKI Jakarta," kata Adji Gutomo, kemarin.

Adji Gutomo mengatakan di gerakan koperasi adalah hal biasa bila mantan pejabat memimpin wadah gerakan koperasi, baik di pusat (Dekopin), provinsi (Dekopinwil), maupun kabupaten/kota (Dekopinda). Namun, merupakan hal yang langka bila pemimpin gerakan koperasi menjadi pemimpin pemerintahan.

"Jika pemimpin gerakan koperasi menjadi pemimpin pemerintahan, niscaya pengaruhnya akan jauh berbeda karena dia mempunyai kewenangan untuk merumuskan dan menjalankan kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan pengembangan koperasi, kami sangat berharap ini terjadi di DKI Jakarta," kata Adji Gutomo.

Acara silaturahmi gerakan koperasi se-DKI Jakarta, kemarin, dihadiri sekitar 100 wakil gerakan koperasi. Mulai dari pengurus Dekopinwil DKI Jakarta, Dekopinda se-DKI Jakarta, hingga pengurus dan anggota koperasi-koperasi di Jakarta.

Sejak dipimpin Nachrowi Ramli, Dekopinwil DKI Jakarta bergerak cepat menjalankan berbagai program advokasi, edukasi, dan fasilitasi gerakan koperasi se-DKI Jakarta. Saat ini, terdapat sekitar 6.476 unit koperasi dengan jumlah anggota sekitar 1 juta lebih orang atau sekitar 10 persen lebih total penduduk DKI Jakarta. Seluruh koperasi di Jakarta telah mampu menghimpun aset sekitar Rp 2,5 triliun lebih dan omset usaha per tahun sebesar Rp 5,7 triliun lebih.

"Kami kalangan koperasi percaya jika Nachrowi Ramli terpilih menjadi wagub DKI Jakarta maka akselerasi perkembangan koperasi di ibukota akan berjalan lebih cepat lagi sehingga koperasi bisa berperan lebih massif lagi," kata Adji Gutomo.

Menyikapi dukungan kalangan koperasi se-DKI Jakarta, kemarin, Nachrowi Ramli mengatakan dukungan nyata para pengurus dan anggota koperasi se-DKI Jakarta tentu sangat menentukan dalam memenangkan pemilihan gubernur (pilgub) DKI Jakarta 11 Juli mendatang. Dan, sedari awal, dia bersama Fauzi Bowo telah bertekad untuk menjadikan Jakarta lebih maju, aman, nyaman, dan sejahtera ke depan. Tekad ini tentunya telah sejalan dengan tujuan gerakan koperasi yang hendak mensejehtarakan anggotanya.

"Saya mohon doa restu mudah-mudahan perjuangan saya dapat diridhoi oleh Allah SWT, dan saya berharap bersama Pak Fauzi semoga dapat memenangkan pilgub DKI ini satu putaran, dan itu tak akan terwujud tanpa dukungan dari teman-teman koperasi," ujarnya. (sam/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar