Rabu, 22 Oktober 2014 | 20:46:09
Home / Suryadharma Ali / Hanya Dua Maskapai Penuhi Syarat Angkutan Haji 2012

Rabu, 25 April 2012 , 21:48:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali menyatakan bahwa hanya ada dua maskapai yang sudah dipastikan memenuhi syarat sebagai transportasi haji. Dua maskapai itu adalah Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines.

"Tadi saya sudah dapat laporan dari Ditjen PHU (Penyelenggaraan Haji dan Umroh). Maskapai yang sudah memenuhi syarat sebagai transportasi haji adalah Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airlines," kata Suryadharma di Gedung Kemenag, Jakarta, Rabu (25/4).

Sebelumnya dalam proses penilaian atau uji kelayakan angkutan dan transportasi haji juga tercatat maskapai Batavia Airlines. Namun maskapai tersebut harus gugur karena dinilai belum memenuhi persyaratan sebagai alat transportasi haji tahun 2012.

"Dalam proses penilaian itu, memang ada beberapa nama maskapai yang masuk dan berminat menjadi maskapai haji. Namun sayangnya, setelah dikaji secara seksama oleh aparatur Kementerian Perhubungan (Kemenhub) maka diputuskan hanya dua maskapai itu saja (Garuda dan Saudi Airlines). Batavia Airlines belum bisa memenuhi  persyaratan," paparnya.

Dengan adanya proses uji kelayakan seperti ini, Suryadharma menepis anggapan bahwa pemerintah melakukan monopoli dalam pemilihan maskapai. Menurutnya, pemerintah sudah memberikan kesempatan kepada seluruh maskapai untuk bisa mengikuti seleksi sebagai angkutan haji.

"Ini harus diperhatikan. Dalam menetapkan maskapai, bisa maskapai apa saja. Asalkan memenuhi persyaratan yang diminta, karena  pemerintah tidak mau berspekulasi. Persyaratan sangat ketat," tandasnya.(Cha/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar