Senin, 24 November 2014 | 23:15:16
Home / Berita Daerah / Sulut / Gunung Lokon Kembali Menggeliat

Kamis, 26 April 2012 , 18:38:00

JAKARTA - Aktifitas Gunung Lokon di Sulawesi Utara, Kamis (26/4) sejak siang sampai sore kembali menggeliat dengan terjadinya gempa vulkanik dangkal setiap 5 menit.

Demikian dikatakan Kepala Pusat Analisis Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Dr Sutopo Purwo Nugroho, berdasarkan laporan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geolog (PVMBG).

"Kepala PVMBG Badan Geologi telah menyampaikan informasi terkini kepada Kepala BNPB, kenaikan aktivitas Gunung Lokon," kata Sutopo, Kamis (26/4) sore.

Sebelumnya disampaikan bahwa Gunung Lokon sudah kembali ke fase normal pasca letusan pada 25 April 2012 pukul 11:20 WITA, yang diiringi beberapa letusan, kemudian energinya makin menurun. Namun sejak siang tadi  tiba-tiba meningkat aktivitasnya.

"Saat ini masih terus berlangsung, masih terekam tremor vulkanik menerus, diikuti dengan kegempaan vulkanik dalam dan vulkanik dangkal rata-rata 1-3 gempa per 5 menit," jelas Sutopo.

Peningkatan aktifitas Gunung Lokon ini terjadi Kamis (26/4) sejak pukul 12:00-17:00 WITA. Jika peningkatan aktivitas vulkanik ini berlangsung terus, maka akan berpotensi diikuti letusan lebih besar.

Hingga saat ini status Gunung Lokon masih Siaga (level III). Untuk itu, Pemkot Tomohon, BPBD Kota Tomohon dan BPBD Provinsi Sulut diharapkan agar menerapkan rekomendasi yang telah diberikan BNPB dan meminta warga tidak beraktifitas dalam radius 2.5 km dari Kawah Tompaluan. (Fat/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar