Sabtu, 23 Agustus 2014 | 16:28:52
Home / Politik / Pilkada / Luncurkan Kemeja Batik, Hidayat Bantah Tiru Jokowi

Kamis, 26 April 2012 , 20:19:00

BERITA TERKAIT

JAKARTA-Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Hidayat Nur Wahid dan Didik Rachbini meluncurkan kemeja batik bertuliskan "Ayo Beresin Jakarta". Namun Hidayat menolak jika peluncuran batik karyanya disebut mengekor langkah pasangan cagub Jokowi-Ahok yang sudah lebih dulu memperkenalkan kemeja kotak-kotak andalan keduanya.

"Kita bukan follower, tapi kita create. Budaya dasar kita kok batik, ada Betawi, bukan ikut-ikutan. Ini inovasi dan kreasi budaya kita yang diakui oleh UNESCO," kata Hidayat usai acara peluncuran kemeja batik di Toko Batik Pekalongan Umang, Thamrin City, Jakarta, Kamis (26/4).

Baju batik yang dibuat Hidayat-Didik berwarna oranye yang menjadi warna khas kota Jakarta. Kemeja batik tersebut juga dihiasi motif gambar Monas, gedung bertingkat, taman dan buah. Baju batik yang menjadi pakaian resmi tim sukses Hidayat-Didik ini dijual oleh Toko Batik Pekalongan Umang seharga Rp40 ribu.

Hidayat menjelaskan, timnya sudah memproduksi 50 ribu lembar kemeja batik "Ayo Beresin Jakarta". Menurutnya, puluhan ribu kemeja batik oranye itu bukan dijual melainkan diwakafkan. Menurutnya, hasil penjualan batik akan digunakan untuk membantu perekonomian warga Jakarta.

"Nantinya setelah diresmikan, masyarakat bebas untuk menjual kembali atau menjadikannya suvenir," papar Ketua MPR tersebut.

Meski demikian pasangan Hidayat-Didik tak menolak apabila hasil penjualan batik disumbangkan untuk dana kampanye mereka. Ia menilai penerimaan sumbangan itu sah saja asal dilakukan sesuai aturan. Aturannya, sumbangan dari warga maksimal Rp50 juta dan sumbangan dari swasta atau perusahaan maksimal Rp250 juta.

Pada acara peluncuran ini Hidayat-Didik sempat membagikan baju batik secara cuma-cuma kepada pengunjung Thamrin City. Ketua tim sukses pemenangan Hidayat-Didik, Triwicaksani atau Bang Sani turut membagi-bagikan batik kepada pengunjung mall. (dil/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar