Juni, Terbit Standar Hidup Layak Terbaru

Juni, Terbit Standar Hidup Layak Terbaru
Juni, Terbit Standar Hidup Layak Terbaru
JAKARTA--Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) akan menerbitkan standar Kebutuhan Hidup Layak (KHL) terbaru pada awal Juni 2012 mendatang. Saat ini, pengumpulan data KHL di 15 kota sudah diselesaikan oleh  tim peneliti dari Universitas Indonesia (UI).

Ke-15 kota tersebut yakni Surabaya, Medan, Semarang, Bali, Banjarmasin, Bandung, Tangerang, Jakarta, Jambi, Palembang, Makassar, Batam, Pontianak, Balikpapan, dan Pekanbaru.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menjelaskan, hasil survei tersebut akan segera  dibahas oleh Dewan Pengupahan Nasional (DPN) sebelum ditetapkan sebagai KHL baru. "Nantinya, pemerintah juga akan mengajak  pengusaha dan serikat pekerja untuk membahas komponen KHL baru ini. Sehingga, ditargetkan akhir bulan ini surveinya selesai dan kemudian tinggal dibahas oleh DPN," terang Muhaimin di Jakarta, Kamis (25/4).

Ketua Umum DPP PKB ini menerangkan, revisi KHL ini merupakan bagian dari perubahan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) Nomor 17/2005 tentang komponen KHL. Berdasarkan aturan lama tersebut, setidaknya ada 86 item komponen hidup layak.

JAKARTA--Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) akan menerbitkan standar Kebutuhan Hidup Layak (KHL) terbaru pada awal Juni 2012

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News