MRT Bakal Angkut 400 Ribu Penumpang per Hari

MRT Bakal Angkut 400 Ribu Penumpang per Hari
MRT Bakal Angkut 400 Ribu Penumpang per Hari
MODA transportasi mass rapid transit (MRT) dinilai tidak hanya mampu mengatasi persoalan kebutuhan transportasi massal di ibu kota. Namun, angkutan massal ini juga cukup menjanjikan dari sisi penyediaan lapangan kerja secara massal. Kehadiran proyek tersebut, nantinya bisa menyerap 48 ribu tenaga kerja baru.

"Dari sisi ekonomi, selain menyerap 48 ribu tenaga kerja baru, proyek MRT juga akan mendorong perubahan tata ruang ke arah yang lebih efisien. Stasiun-stasiun MRT akan menjadi titik baru pertumbuhan aktivitas ekonomi karena setiap stasiun akan dihubungkan dengan pusat-pusat aktivitas publik, perkantoran, dan pusat komersial," ujar Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta saat Pencanangan Proyek MRT di Stadion Lebakbulus, Jakarta Selatan, Jumat (27/4).

Menurutnya, dengan sejumlah proyek yang tengah dibangun, wajah tranportasi Jakarta akan mengalami perubahan signifikan dalam beberapa tahun mendatang. "Peningkatan kapasitas dan kualitas layanan bus Transjakarta, pengadaan feeder termasuk Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB), pembangunan flyover, ruas jalan layang non tol dan berbagai pembangunan lainnya akan membuat transportasi di Jakarta semakin baik. Ini sudah dirasakan oleh sebagian masyarakat dalam lima tahun terakhir, dan akan terus meningkat dalam beberapa tahun mendatang," katanya.

Foke -sapaan akrab Fauzi Bowo- menjelaskan, dengan pencanangan pembangunan proyek MRT Tahap I koridor Selatan-Utara sepanjang 15,7 km, dari Lebakbulus-Bundaran HI, juga bisa dimulai dengan pekerjaan persiapan antara lain pemindahan Terminal Lebakbulus, pemindahan Stadion Sepakbola Lebakbulus, pemindahan jaringan utilitas, pelebaran Jalan Fatmawati, dan pembangunan kantor proyek.

MODA transportasi mass rapid transit (MRT) dinilai tidak hanya mampu mengatasi persoalan kebutuhan transportasi massal di ibu kota. Namun, angkutan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News