Tahun Ini Direkrut 130 Ribu PNS, Termasuk dari Honorer

Tahun Ini Direkrut 130 Ribu PNS, Termasuk dari Honorer
Tahun Ini Direkrut 130 Ribu PNS, Termasuk dari Honorer
JAKARTA--Analisa jabatan bagi PNS di setiap instansi pemerintah dinilai sebagai sesuatu yang sangat penting dilakukan. Tak terkecuali dalam pengajuan formasi CPNS.

“Dalam meminta formasi, mulailah dengan analisis jabatan, bukan dengan alasan tidak ada orang, kemudian memasukkan orang tanpa seleksi yang terukur. Hal itu merupakan penyebab jumlah  pegawai yang dibutuhkan kurang, sementara yang tak dibutuhkan berlebih,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Azwar Abubakar dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (30/4).

Tahun ini, lanjutnya, pemerintah akan menerima sekitar 130 ribuan CPNS, yang terdiri dari honorer kategori 1 dan dari jalur reguler. Hanya saja untuk jalur regular, saat ini baru ada sekitar 20 ribu formasi yang diajukan kementerian/lembaga maupun pemda. Hal tersebut merupakan dampak dari kebijakan moratorim CPNS, yang mengamanatkan setiap pengajuan formasi CPNS harus berdasarkan anjab dan ABK.

"Hanya sedikit instansi yang telah melakukannya dengan benar, selain karena alasan banyaknya daerah yang belanja pegawainya melebihi 50 persen dari APBD," ujarnya.

JAKARTA--Analisa jabatan bagi PNS di setiap instansi pemerintah dinilai sebagai sesuatu yang sangat penting dilakukan. Tak terkecuali dalam pengajuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News