Sabtu, 25 Oktober 2014 | 03:31:49
Home / Berita Daerah / NTT / Masih Tunggu Alat Perekam E-KTP

Rabu, 02 Mei 2012 , 07:44:00

BERITA TERKAIT

MENIA- Saat ini Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Sabu Raijua masih menunggu alat perekaman pembuatan E-KTP dari pemerintah pusat. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil Kabupaten Sabu Raijua, Amos Ully kepada Timor Express (Grup JPNN), (1/5) di Menia.

Dia menjelaskan, E-KTP selain digunakan sebagai Kartu Tanda Penduduk (KTP), manfaat dari e-KTP yaitu dapat meminimalisir identitas ganda dan KTP palsu. Karena di dalam kartu telah direkam data biometrik 2 sidik jari telunjuk penduduk, iris mata dan gambar tanda tangan penduduk.

Semua data itu disimpan dalam chip yang tertanam dalam kartu sebagai alat penyimpan data secara elektronik, dan alat pengamanan data (security) baik secara pembacaan, penyimpanan data maupun secara transfer data.

"Untuk tahap sekarang dan secara peraturan perundang-undangan, fungsi e-KTP hanya untuk identitas penduduk yang unik dan otentik. Dengan bantuan aplikasi eksternal, data Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan biodata dapat diekstrak dari e-KTP dan dapat diproses selanjutnya untuk kegunaan lain diantaranya untuk pembayaran pajak dan verifikasi penerima Jamkesmas. Untuk saat ini kita di Sabu Raijua masih menunggu peralatan dari pusat, setelah itu baru kita lakukan pelatihan bagi para operator," ungkapnya.

Dia menambahkan, dengan diberlakukannya E-KTP maka seorang penduduk hanya akan memiliki 1 kartu tanda penduduk satu kartu keluarga sehingga jika seseorang sudah terdaftar sebagai penduduk Kabupaten Sabu Raijua maka ketika dia berada di daerah lain dan ingin mendapatkan KTP maka sistem yang ada langsung menggagalkan permintaan tersebut dengan mengeluarkan penjelasan bahwa penduduk tersebut sudah terdaftar di Kabupaten Sabu Raijua.(kr-9/boy/sam/jpnn)
Tulis Komentar
Nama
Email
Komentar